Oleh: AruM | 12 Oktober 2010

Curug Silangit Purworejo

 

Saya yakin tak salah arah, ada plangnya...

Saya yakin tidak salah arah, ada plang penunjuk arahnya kan...

 

Gimana ya mulai ceritanya. Bingung. Berawal dari saya dapet undangan pernikahan sahabat dekat waktu SMA. Saya inget, kalau saya mau pulang ada temen kantor yang mau ikut. Trus saya bilang kalau tanggal 09-10-10 insyaAllah saya pulang . Dia mnegiyakan ikut karena dia pengen main ke pantai di kampungku , kampong di Kota Purworejo. Kemudian kami ngajak satu lagi temen kator juga. Kami emang hobi kalau jalan jalan. Ya model backpacker gitulah.

Karena hobi backpacker dia langsung hunting tempat wisata di Purworejo. Dia dapet ada tempat bagus namanya curug silangit. Saya sendiri sebagai warga asli malah tidak tau ada curug silangit di Purworejo.  Saya pun ikut browsing. Koq semua Cuma nyebut curug silangit ada di Kaligesing Purworejo, setau saya di Kaligesing memang ada curug tapi bukan silangit namanya. Setelah nyampai dicurugnya saya baru inget bahwa curug itu ya curug Somongari.

Saat sudah dirumah saya tanya sama saudara yang tau daerah Purworejo. Dia Cuma ngasih ancer ancer arah Kaligesing. Kami bertiga berangkat diantar sama Paman saya. Berangkat dari Grabag ke arah Purwodadi Purworejo lurus motong  Jalan Jogja, Sampai perempatan Bagelen belok kiri… Terus ke arah Bagelen, Pasar Soko masih terus, nyampai perempatan sebelum balai desa Kemanukan Bagelen belok kanan.

Brarti rutenya kalau dari alun alun Kota Purworejo arah pantog (Patung WR Supratman) lurus ke arah Tambakrejo, belok kanan arah Cangkrep Lor , trus Cangkrep Kidul, sampai perempatan setelah balai desa Kemanukan belok kiri. Ikuti saja jalan itu. Karena Cuma ada satu jalan itu saja.

Kalau naik angkot bisa dicapai dengan angkot primkopol nomer 11 yang ada di belakang Pasar Baledono.  Turun di balaidesa Somongari. Mobil atau motor bisa diparkir dibalai desa Somongari kaligesing atau di titipkan dirumah penduduk sekitar saja.

Untuk mencapai lokasi bisa detempuh dengan motor atau bisa juga dengan jalan kaki. Jalan kaki bagi yang santai sekitar 30 – 60 menit ini pengalaman kami, karena badan kami masih lelah setelah melakukan perjalanan Tangerang Purworejo. Kalau mau lebih mudah nyari ojek aja penduduk sekitar. Jangan takut nyasar. Penduduk setempat orangnya ramah ramah, bisa tanya penduduk aja arah curug.

Perjalan cukup susah bagi kami karena jalan agak naik. Kami hamper frustasi karena sudah habis tenaga. Temen saya dah pucat pasi karena lelah, ngantuk, pas mau berangkat tidak sarapan (bukan tidak disediakan sama tuan rumah lho ya, merekanya saja yang ndak mau).

Kami sempat menyesal, karena sebelum sampai curugnya jalan setapak dah ilang, trus ada sungai yang bentuknya seperti curug tapi pendek. Kami dah frustasi, mengutuki yang mebuat tulisa tentang curug silangit. Yang memajang foto begitu indah.

 

Karya DZ

Ini juga Kayra DZ fotography

 

Saat kami duduk melepas lelah, saudara saya menyusul , dia berjalan terus melewati kami. Karena penasaran kami ikuti. Subhanallah… ternyata memang ada curug yang indah di Purworejoku. Curug Silangit Curug Somongari.

Curug Somongari


Responses

  1. mengamankan pertamaX!!
    taunya curug itu namanya curug somongari:mrgreen:

    • Orang saya kira juga bukan curug somongari… Plang Curug Silangit dibuat Mahasiswa KKN UGM 2010

  2. keren, jadi kangen ndaki gunung lagi…

    • kalau curug itu pas buat saya yg belum pernah daki gunung… Masih belum berani nih daki gunung…
      Aslinya lebih keren lho curug itu…

  3. ko lo tau dibuat ma mahasiswa UGM???

    gw masih ngos2an nih smpe sekarang….😀
    *berley

    • Jyah.. baca lagi dung… Kan dibawah plangnya ada tulisan KKN UGM 2010…

      • ngoh…. iye ye…. yang salah sape ye??? beneran curug silangit bukan ye???

  4. kyknya bagus nih….

    air terjun paling bagus yang pernah aku lihat itu ada di Madakaripura, di lereng kawasan BTS (Bromo Tengger Semeru)…

    • Jauh amat? Belum sempet menjelajah alam indonesia nih… Padahal kan Indonesiaku kaya dengan pemandangan yang bisa meningkatkan rasa syukur kita…

  5. aku komen ga pertamax, hehe

    kok apik yo air terjune…

    • pertamax dah ada yg mengamankan Tyk… Apik asline… n sayang ga musim duren somongari…

  6. di kec:kemiri juga ada tuch curuk
    letaknya di desa kali urip, lumayan bagus she,..
    N’ yg lebih bagus lg di Curuk muncar/curuk 1000 letaknya di kec:beruno.

  7. […] Curug Silangit Purworejo October 2010 12 comments 4 […]

  8. mulai kapan…curug Somongari ganti nama curug Silangit…kayaknya byk yg salah paham deh…byk postingan gbrnya 3 tingkat air jatuhnya

    • Salahin yang bikin plang ajah… di plang penunjuk arahnya kan curug silangit…

  9. Guys,tuh curug mmg dr baheula disebut curug silangit sm warga setempat.tp pendatang or turis lokal yg dtg gak byk yg tau nama sbnrnya,krn mmg g ad pemandu yg ngasih tau.jg krn g ad akte-nya tuh..
    Di kaligesing tepatnya di jeketro-kaligono jg ad curug,yg ini tingkat 3,dan tingkat ke 3-nya ad yg nyebut silangit jg.

  10. pengen,.,.lbrn semester bsk harus kesana….

    • silakan dinikmati alam Purworejonya… Semoga bisa me refresh otak setelah semesteran…

  11. Fotonya bagus….
    Salam kenal….. dari porjo juga…..

  12. dr aq kecil nyampai skrang masik sama,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  13. ciiiaaa….curug slangit jeketro tempat aku berak lgi masa kecil…
    rumahkukan di desa donorejo,masih di atasnya curug slangit.

  14. Wah keren mas,, kapan kapan ane coba ya😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: