Oleh: AruM | 10 Desember 2015

Siffon Kentang

Libur pilkada serentak lumayan lah sehari. Kuniatkan buat melaksanakan tantangan dari grup masak fb milik para fiskus SCC. Bulan ini temanya olahan kentang. Browsing2 resep kayaknya tertantang bikin siffon kentang. Sebelum ke TPS dah ngukus kentang. Pulang nya tinggal eksekusi.

Setelah bahaan disiapkan oven kupanaskan. Sambil tetep merapal doa semoga sukses. Karena baca dari banyak literatur banyak yg gagal saat pertama kali eksekusi si siffon.

Resep yg jadi acuan kuambil dari kueresep.com. Krem of tar tar kuganti ama sesendok air lemon. Alhamdulillah sampai bikin jambul petruk lancar jaya. Tinggal dag dig dug aduk balik si putih telur.. Setelah putih telur berjambul petruk mixer kulap pake tisu buat nyampur telur ama bahan lain sebentar asal rata.

Pelan pelan ngaduk putih telur takut overmix katanya ga jadi.. Ternyata saking takutnya overmix malah ada sebongkah putih telur yg ngga kcampur adonan.

Nekat aja kutuang kecetakan. Trua masukin ke oven. Trus kutinggal makan. Abis makan kutengok si oven lha kok ngga ngembang. Kuliat api ny padam.. Hadeuh… Ganti tabung gas dulu trus nyalain lg. Sambil merapal doa smg bisa dimakan smg matang…

Setelah 50 menit kupaksa kluarin aja dr oven. Bag atas kue dah kliatan kecoklatan. Karena ngovennya pake oven tangkring dan di rak atas aja. Mo dipindah rak bawah ndak muat. Mo copot rak atas ngga bisa. Ya udah pasrah. Alhamdulillah bisa matang dengan beberapa kekurangan dan catatan buat Kedepannya. Kl ngga dicoba mana tau tingkat ksukarannya spt apa. Catatan kl mo coba lg:

  1. Haluskan kentang saat panas biar lembut..
  2. Aduk balik di tempat yg agak besar. Tempatku kmaren agak kelecilan kepenuhan pas ngaduk balik takut tumpah
  3. Aduk sampai putih telurnya ngga adaa yg bergumpal (kl bergumpal gede, bergerindil kecil). Kl bergerindil sih gpp kurasa
  4. Oven dengan api sedang dan stabil.
  5. Tunggu sampai bener bener dingin saat motong (kmaren ga sabar haaa).

PhotoGrid_1449698462411

Bahan bahan :

  • 125 gr kentang yg dah dihaluskan
  • 75 ml minyak goreng
  • 100 ml susu cair
  • 60 gr gula pasir
  • 120 gram tepung terigu
  • 5 kuning telur
  • 2 tetes pewarna hijau
  • 7 putih telur
  • 1 sdt air lemon
  • 1/2 sdt garam
  • 100 gram gula pasir

Cara

Siapkan bahan bahan. Kl aq ngocok putih telur dulu 15 detik masukkan air lemon trus sampai setengah mengembang. Masukkan garam kocok terus sambil masukkan gula pasir yg 100 gram sedikit sedikit. Kocok sampai kaku berjambul petruk.

Angkat mixer dilap kocokannya. Buat ngaduk kuning telur masukkan kentang susu minyak gula pewarna tepung sama vanili bubuk asal rata aja. Angkat mixer.

Masukkan putih telur sdikit demi sedikit sambil diaduk rata dgn aduk balik. Masukkan cetakan dan oven 50 menit sampai matang.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: