Oleh: AruM | 19 Oktober 2010

Purworejo Dari Gunung Ke Pantai

Dah lama mo nulis tentang pantai pantai di Purworejo tapi ga dapet dapet moodnya, nah mumpung lagi ada mood nih saya mau berbagi cerita dan keindahan Purworejoku. Sering dapet pertanyaan dari temen emang Purworejo ada pantainya? Emang Purworejo ada tempat wisatanya? Lha emang kata siapa Purworejo ndak ada Pantai ndak ada tempat rekreasi. Brarti orang itu bukan orang Purworejo😀

Purworejo anugerah yang indah yang harus disyukuri. Betapa tidak. Di Purworejo tuh ada dataran tinggi (Gunung kecil) ada juga dataran rendah menuju pantai. Daerah yang diangep gunung tuh daerah Bruno , Gebang, Kaligesing. (menurut saya sih) tapi kalau ndak percaya boleh kok ke dinas pertanahan Kab Purworejo atau ke Kantor Pajak Purworejo.

Di Bruno ada curug (air terjun), dulu saya waktu dirumah saudara ndak sempet ke curugnya. Di Gebang pun juga ada Curug yang belum di eksplorasi juga.  Curug Watu Soma. Arsip Foto saya saudah rusak, jadi nda bisa berbagi. Waktu itu saya masa reses setelah UAN SMP. Menunggu pengumuman saya dan teman teman jalan jalan ke curug Gebang ini. Trus di Kaligesing ada juga curug Silangit (sebenarnya ada satu lagi, tapi lupa namanya.

Kalu anda orang dataran tinggi bosen dengan pegunungan dan curug, di purworejo ada pantai. Si sepanjang pesisir selatan Purworejo berbatasan dengan Samudera Hindia. Ombaknya terkenal besar kalau Pantai selatan. Ada pantai Ketawang, Pantai keburuhan, Pantai Jatimalang, Pantai  Bongkot (ini masuk Purworejo apa kulon progo ya), Pantai Congot . Pantai ini bisa anda temukan di selatan jalan daendeles (Alternatif Kebumen Jogjakarta).

Kalau di Pantai ketawang jalan aspal belum nyampai bibir pantai. Dan pantai Ketawang hanya ramai saat lebaran. Berbeda dengan Patai keburuhan dan Jatimalang. Mobil bisa nyampai pinggir pantai. Dan di Keburuhan dan Jatimalang ada nelayan yag berani berlayar mencari ikat ke tengah laut lepas. Jadi kalau kita jalan jalan kita bisa menikmati pesona pantai sambil menikmati hidangan seafoodnya. Ada bawal, cumi, kepiting laut, udang, ikan2 laut yag lainnya. Para penjual siap memasakkan menu pesanan anda, anda bisa menikmati pantai. Saat sudah lelah dan lapar anda tinggal menikmatinya dengan lahap.

Kalau saya mendaftar jadi duta pariwisata Purworejo kira kira diterima ndak ya, dah promosi Purworejo gini.. Hihihihi ,

 

Ketawang go blog

Pantai Ketawang

 

 

keburuhan go Blog

Sunset belum terlalu turun

 

 

Jatimalang go Blog

Jatimalang

 


Responses

  1. hehehe..baru sempet berkunjung..ternyata…..salut2…promosi purworejo-nya kereeen…

  2. Bener iku,emang Wahana wisata di Poerdjo BERIRAMA ga kalah sama kota/kabupaten yang lain,walau kurang terawat atau kurang digali potensinya.Salam dari PADU PUBER ( Persaudaraan Anak Dudukulon puordjo Berirama).Urut Sewu….!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: