Oleh: AruM | 25 September 2010

Bawang putih oh bawang putih…

Pantes aja ibu ibu pada ngeluh semua harga mahal.. Saya tadi waktu belanja ditukang sayur yang biasa mangkal didepan pager kosan membenahi dagangannyan agak kaget saat si ibu tukang sayur melayani saya. Ya emang sih saya dah 2 bulan lebih ga belanja. Tapi masa iya sich perubahannya begitu dahsyat?

Seperti biasa kalau belanja sesuatu yg bisa saya ambil sendiri saya ambil. Hari libur saya pengen masakan yg sehat. Being2 aja. Saya lia kangkung yg muda2 jadi pengen, saya ambil satu ikat kangkung, seikat kacang panjang, 2 buah wortel, sepotong tembe, tahu yg besar satu. Karena 2 bulan ga masak saya tidak punya stok bumbu sama skali, saya bilang ke ibu tukang sayur,’bawang merah, cabe,bawang putih lima ribu aja bu’ si ibu melayaninya. mencimit (mengambil dalam jumlah sedikit) cabe, trus bawang merah. Habis itu si ibu mengkonfirmasi saya ‘Neng segini gopek, mau satu apa dua?’ Dalam keadaan kaget yg masih saya sembunyikan saya jawab ‘dua bu’. Dalam hati masih belum percaya, masa bawang putih 2 siung harganya gopek? padahal sebelumnya gopek tuh satu buletan (10-15 siung kali ya). ini 2 siung. Tapi mo gimana lagi, ya sudahlah, untung aja masih ada, coba kalau petani bawang putih dah ga mau nanem lagi. Tempe goreng ga kan maknyusss lagi.

Saat menghitung belanjaan akhir juga heran. dari semua belanjaan saya yg cuma sedikit itu (kangkung satu ikat, kacang panjang seikat -ga tau tuh ada 7 buah kacang pa ga-, wortel kecil 2 buah, tempe sepotong, tahu satu buah, bumbu yg hanya cukup buat 2 kali masak,tomat satu) harganya Rp. 14.000,-. Ya emang keliatan dari jenisnya banyak, tapi itu ukuran masak 1 orang, ga kebayang kalau keluarga nya besar. berapa rupiah harus dibelanjakan tiap hari. Untuk para suami jangan diomeli ya istrinya kalau mengeluhkan harga harga kebutuhan dipasar naik, uang belanja pas pasan atau kurang.


Tinggalkan Balasan

Kategori

