Oleh: AruM | 25 Mei 2010

Newbie/Pemula di Twitter????

Anda newbie di account twitter? Sama ma saya. Tadi saya dapet link yang bagus buat pemula yg gaptek kayak saya. Jadi jangan takut bikin akun di twitter. Ni panduannya…
saya dapet dari : http://www.titiw.com/2010/05/20/twitter-for-dummies/comment-page-1/#comment-18456 (sori ga bisa ngelink.. Karena internetnya lagi lemot)..

1. Timeline itu apa ya..?
Timeline adalah sekumpulan tweet orang-orang yang telah kamu follow. Misalnya kamu sudah follow 100 orang, timeline kamu akan penuh oleh 100 orang itu.

2. Apa beda follower dan following?
Dibahasa indonesiain aja. Follower adalah orang yang follow kamu, sedangkan following adalah jumlah orang yang kamu follow. Yang jamak terjadi, ketika kamu adalah seorang ARTIS, follower kamu hampir PASTI lebih banyak daripada jumlah orang yang kamu follow (following). Karena banyak orang yg pengen tahu kehidupan artis sehari2, tapi si artis itu ya gak pengen tahu kehidupan ELO kan..?

3. Bagaimana cara membalas tweet?
Balaslah tweet seseorang dengan memakai reply, bukan dengan ReTweet (RT). Misalnya:

@ekobimantara: Eh @TitiwAkmar, lagi ngapain sihh..?
@TitiwAkmar: @ekobimantara aku lagi ngerjain pe er nih dari tadi. Kamu ngapain?
@ekobimantara: @TitiwAkmar aku lagi corat coret aja nih buat komik baru.

Mengapa tidak memakai RT untuk membalas? Karena jika menggaunakan reply, yang melihat twitter percakapan kalian hanyalah orang yang memfollow kalian berdua. Dalam kasus ini, yang bisa liat conversation di atas hanyalah orang yang follow @ekobimantara dan @TitiwAkmar. Sedangkan jika memakai RT, semua orang di dunia bisa lihat tweet kamu. Ngobrol bedua doang kok pengin diliat? Lagipula jika memakai RT untuk membalas, nilai sebuah twit untuk diRT menjadi tidak jelas. Ah, kalau point yang terakhir tanya tante secara pribadi ya nak, terlalu expert jika dijelaskan dalam bahasan Twitter for Dummies ini.

4. Pernahkah kamu melihat “Re” di akhir sebuah twit?
“Re” bertujuan untuk menjelaskan topik yang dibahas. Karena terkadang orang tidak langsung menjawab sebuah twit kan..? Misalnya:

@ekobimantara: @TitiwAkmar menurut kamu gemana tadi pameran air brushnya? (twit pukul 16:00)

Di sini, si @TitiwAkmar tidak menjawab sampai 4 jam kemudian.

@TitiwAkmar: @ekobimantara Bagus kok (twit pukul 20:00)

Ternyata, si @ekobimantara antara pukul 16:00 ke 20:00 udah ngetwit banyak. Dia jadi bingung, si @TitiwAkmar ini ngejawab twit dia yang mana ya..? Di sinilah “Re” berperan. Lebih jelas kalo si @TitiwAkmar ngebales gini:

@TitiwAkmar: Bagus kok coy. Aku suka. Re: pameran air brush.

5. Gemana caranya tahu saya ada di twit seseorang?
Camkan bahwa tweet yang mention (menyebut twitter kamu) itu tidak dikirim notifikasinya ke email. Jadi harus rajin2 buka @namakamu di sebelah kanan halaman utama twitter kamu. Iyak betul, yang ada di atasnya “Direct Message”, di bawahnya “Home”.

6. Terus ada notifikasi yang masuk di email ini apa?
Notifikasi yang masuk ke email itu berarti notifikasi Direct Message (DM). Fungsi DM adalah mengirimkan pesan ke teman kamu tanpa terlihat di timeline. Japri lah istilah anak mudanya (anak muda tahun pitung?!). Short cut cepet bikin DM ini di kolom status Twitter hanyalah dengan menambahkan hurup D di depan twitter seseorang. Misalnya:

D @ekobimantara ko, ko.. aku ada gosip.. Si inih tuh ternyata anuuh! Kamu tahu gak?

6. Apa artinya #?
Ini adalah hashtag, anak-anak. Misalnya aja, pas Thomas-Uber Cup 2010 lalu, saya live tweet, nah di belakang twit saya semuanya ditambahin #thomasuber2010, biar org2 yg ngetwit dgn topik sama kekumpul dlm satu wadah.

7. Reply, Re, Hashtag udah. Nah kalo ReTweet?!
Retweet digunakan ketika kamu mau menyebarkan berita ke followers kamu. Misalnya saya mau ngetwit gini: @TitiwAkmar: RIP Mama Lauren yang meninggal malam ini di RS Bla bla.

Nah, kalau mau nyebar info ini ke orang lain.. nah caranya adalah langsung klik Retweet di bawah status orang tersebut (khusus di Twitter.com). Tapi kalo kamu klik itu, kamu nggak bisa ngedit beritanya. Kalo kamu mau nambahin kata2 sendiri, bisa kamu ketik sendiri gini:

@ekobimantara Turut berduka cita jg.. RT @TitiwAkmar RIP Mama Lauren yang meninggal malam ini di RS Bla bla

Ingat, ReTweet berfungsi menyebarkan info yg kamu rasa penting, bukan untuk ngobrol, jangan jadi RT abuser ya.. Biar timeline orang yg follow kamu dapet info2 bagus dari kamu, tanpa HARUS tahu apa yg kamu obrolin sama temen kamu..🙂 Ciri2 RT abuser adalah seperti di bawah ini:

@TitiwAkmar: Duh laper nih, makan apa ya..?
@ekobimantara: mkn babi cah kecap aja tiw.. RT @TitiwAkmar: Duh laper nih, makan apa ya..?
@TitiwAkmar gak ah, kecap kan manis, bikin gendut.. RT @ekobimantara: mkn babi cah kecap aja tiw.. RT @TitiwAkmar: Duh laper nih, makan apa ya..?

8. Kalo “listed” itu apa?
Begini.. misalnya saya punya 100 orang yg difollow dan saya mau bikin list “temen komplek”, nah saya pilih deh dr 100 orang itu yg temen2 komplek aja. Kalo saya pribadi sih gak bikin list apa-apa. Hihi.. Tapi pernah liat saya dimasukin di list sama seseorang. Tau judul listnya dia apa..? “Orang Penting”. Uhuk.

9. Adakah batas maksimal follower dan following?
Saya sih pernah liat ada twitter brand (produk gitu..) yang follow lebih dari 2000 orang. Kalo follower sih kayaknya gak terbatas ya.. Masa twitter ngebatesin berapa juta follower kita sih..? Liat aja artesh2 ibukota yang followernya ratusan ribu. Apalagi kalo udah cakupan artis manca negara. Kan maen followernya jut jut..

10. Siapa yang harus kita follow?
Kalo saran saya, jangan main follow orang gitu aja. Liat2 dulu twitnya dia.. Berguna gak, kocak gak, pokoknya hal2 yang ada gunanya buat kamu.. Soalnya kalo trnyata gak penting kan menuh2in timeline ajah. Jangan mentang2 difollow sama seseorang, trus langsung kamu follow balik.. Santai aja.. liat berapa hari ni orang layak difollow atau gak. Karena belum tentu orang yg asik kesehariannya ternyata twitternya GUNA. Gak ada kewajiban kamu hrs follow siapa2 kok.

11. Bagaimana cara menaruh foto di status twitter?
Ada layanan twitpic http://twitpic.com/ ataupun yfrog.com untuk upload foto. Tinggal ikutin step2nya aja kok. Kalo dari HP, enak pake tweete.net, klik “upload” untuk mengikutkan foto di status twitter kita. Guna foto apa sih..? Supaya twit kamu tidak disangka hoax, atau supaya hidup kamu terlihat lebih ceria dan banyak temen.

12. Twitter cuma bisa 140 karakter! Kalo kita mau curhat panjang gemana?
Untuk orang2 yang kebiasaan nulis panjang dan gak bisa nyingkat2 kata, ada layanan yg namanya Twit Longer. Twit Longer ini tidak berafiliasi dengan Twitter.com, hanya sekedar membantu orang2 yang butuh sesuatu yg panjang aja. Jd kalo mau yg panjang, gak usah ke Mak Erot, tapi pake twitlonger aja. Twitlonger, membuat twit kamu makin loong.. Uhuk. Saran saya sih, jgn lebih dari 140 karakter ya nek, soalnya orang yg baca status kamu akan effort klik link lg untuk melihat keseluruhan twit kamu. Namanya jg twit, kalo mau panjang mah yuk mari kita ngeblog ajah. Oh ya, kalo mau twit kamu diRT tanpa bikin orang mengedit twit kamu, sisakan minimal 15 karakter ya.

13. TT atau Trending Topic apaan lagi..?
Trending Topic ialah kata apa yang sering banget disebut dalam sebuah twit. Indonesia merupakan salah satu negara yang dengan gampangnya bikin trending topic di Twitter. Cuma ada anak SMA yang jelek-jelekin SMA lain aja, nama si oknum ini udah bisa masuk Trending Topic. Kalo orang-orang Dubai mah masuk Trending Topic kalo udah bikin gedung termewah di dunia. Kita? Mama Lauren meninggal, 15 menit kemudian #mamaloren udah ada di TT.

14. TIPS PENTING:
JANGAN SEKALI2 MINTA DIFOLLOW SAMA ORANG! Santai aja. Seseorang bakal follow kamu kalo kamu layak untuk difollow. Dengan makin banyaknya twit kamu yg berkualitas, kamu akan banyak diRT orang, dan lebih banyak lagi orang yg liat kamu, jd dengan sendirinya followers itu ada deh.

15. Nama saya kayaknya udah dipake semua orang di kancah pertwitteran, jd gimana dong..?
Begini nak, misalnya nama kamu EKO. Pakailah nama lengkapmu yg benar seperti @ekobimantara. Jangan membuat sesuatu yang absurd seperti @EE3kKK0oo0ke. Percayalah, meskipun kamu teman dekat saya di dunia nyata, belum tentu saya mau follow kamu di twitter. Gunakan karakter selain huruf agar nama twit kamu gak ada yg nyamain. Misalnya, nama ekobimantara udah ada? Pakai nama @eko_bimantara. Atau @_ekobimantara.

16. Apa aplikasi twitter yang oke?
Kalo ini mah tergantung selera ya. Pada umumnya orang ya buka twitter.com di PC maupun di HP. Yang sehari-harinya di depan PC aja cocok pake Tweet Deck, sedangkan yang megang banyak akun twitter, silakan pake CoTweet. CoTweet ini juga bisa ngejadwalin sebuah twit. Jadi kamu tulis sekarang, dia muncul 3 jam kemudian bisa sangat Cocok untuk brand2 yang menggunakan twitter sebagai senjata dahsyat dalam social media. Lalu biasanya pengguna BB menggunakan Uber Twitter sebagai twitter mobile clientnya. Kekurangan twitter.com di ponsel adalah, ia tidak bisa langsung meRT sebuah twitter. Coba deh pakai Tuitwit, aplikasi Twitter buatan orang Indonesia yang sagala aya.

17. Twitter bisa digembok bisa dibuka.
Apa bedanya?Kalo settingan twitter kamu digembok, kamu harus rajin2 approve atau nolaknya. Bagus sih untuk menyaring siapa followers kamu. Tapi kalo kamu niat jualan atau semacamnya, sayang kalo digembok karena orang-orang yang blum jadi followers kamu nggak bisa intip2. Kalo dibuka bablas gitu aja..? ya paling bule2 MLM yang spam2 itu yang follow kamu, hehe.. Tinggal diblock aja gampang kan..?

Sekian dari tips2 basic pertwitteran. Semoga terbantu, meskipun sedikit. Eh eh eh.. Kalo ada yang mau share tips2 bertwitter boleh banget loch. Nanti saya tambahin di atas. Yah.. sekedar share.. Kita kan care..


Responses

  1. maksimal following tu berapa ya?

    • Setau ane sih ga da maksimalnye…

  2. Slain tuitwit,pa lagi sh aplikasi twitter bt hp yg support tuitlonger…?
    Blz y…

    • coba pake tweete


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: